SUMBER BELAJAR SEBAGAI KOMPONEN SISTEM PENGAJARAN

Published 31/07/2012 by syerelmediapembelajaran

SUMBER BELAJAR SEBAGAI KOMPONEN SISTEM PENGAJARAN

Sumber belajar dalam artian sempit adalah,  misalnya, buku-buku atau bahan-bahan tercetak lainnya. Pengertian sumber belajar tersebut sama sempitnya bila diartikan sebagai semua sarana pengajaran yang dapat menyajikan pesan secara auditif maupun visual saja, misalnya OHP, slides, video, film, dan perangkat keras (hardware) lainnya. Pengertian yang luas tentang sumber belajar diberikan oleh Edgar Dale yang menyatakan bahwa pengalaman itu adalah sumber belajar. Sumber belajar belajar merupakan segala daya yang dapat dimanfaatkan guna memberi kemudahan kepada seseorang dalam belajarnya.

Klasifikasi sumber belajar berdasarkan yang dirancang atau learning resources by de sign, learning resources by de sign, yakni sumber belajar yang sengaja direncanakan, disiapkan untuk tujuan pengajaran tertentu. Sedangkan jenis sumber belajar yang dimanfaatkan atau learning resources by utilization, resources by utilization, yakni sumber belajar yang tidak direncanakan atau tanpa diperiapkan terlebih dahulu, tetapi langsung dipakai guna kepentingan pengajaran, diambil langsung dari dunia nyata. Kedua macam sumber belajar itu sama efektifnya, bergantung pada bagaimana pemanfaatan dalam proses belajar.

Klsifikasi lain yang bisa dilakukan dalam sumber belajar :

  1. Sumber belajar tercetak (buku, majalah, brosur, koran, dll
  2. Non cetak (film, slides, video, model, objek, transparansi, dll
  3. Berebntuk fasilitas (perpustakaan, ruangan belajar, carrel, dll)
  4. Berupa kegiatan (wawancara, kerja kelompok, observasi, dll)
  5. Lingkungan masyarakat (taman, pasar, terminal, toko, pabrik, dll)

Komponen-komponen sumber belajar diantaranya :

  1. Tujuan, misi, atau fungsi sumber belajar.
  2. Bentuk, format, atau keadaan fisik sumber belajar.
  3. Pesan yang dibawa oleh sumber belajar
  4. Tingkat kesulitan atau kompleksitasny pemakaian sumber belajar.

Faktor-faktor yang berpengaruh kepada sumber belajar perlu diketahui untuk memahami karaketristikny agar pemanfaatannya dalam kegaiatan pengajaran bisa optimal. Faktor tersebut mncakup perkemabnagan teknologi, nilai-nilai budaya setempat, keadaan ekonomi pada umumnya, dan keadaan pemakai.

Memilih sumber belajar harus didasarkan atas kriteria tertenttu yang secara umum terdiri dari dua macam ukuran, yaitu kriteria umum atau ukuran kasar dan kriteria berdasarkan tujuan yang hendak dicapai.

Memanfaatkan berbagai sumber belajar baik yang dirancang (by de sign) maupun yang digunakan (by utilization) untuk maksud kegiatan belajar-mengajar, sebaiknya didasarkan pada bagan arus flowchart yang telah dipersiapkan terlebih dahulu.

Tinggalkan komentar